Friday, January 6, 2012

3T (Tips Tulis-Tulis)

ahaha.. judulnya naon boa yah ini.
gw cuma mau bagi-bagi tips tulis-tulis *maksudnya menulis* soalnya eyke lagi demen banget sama nulis-nulis, lebih spesifik lagi, eyke langi seneng nulis FF.
sebenernya nulis FF ini udah lama banget gw kerjain, gw udah mulai nulis FF itu dari jaman gw SD.
dulu, FF yang gw tulis itu tentang Captain Tsubasa yang notabene emang lagi booming-boomingnya pas jaman gw SD.
SMP gw sempet vakum dan SMA masih tetep nulis cerpen tapi yang ga ada sangkut pautnya sama FF, jadi agak lebih realistis. lalulaluuuu.... sekarang gw gandrung lagi sama dunia fanfiction yang sudah secara langsung membesarkan kepala gw yang penuh akan imajinasi. hehehe..

kenapa sih harus ada FF?

alasannya simple, soalnya kita suka ga puas sama jalan cerita. kadang lo pengennya ga kayak gitu tapi di cerita malah terjadi, atau mungkin lo berpikir kalo kemampuan menulis cerita lo lebih bagus dari si author aslinya. intinya sih ada rasa ga puas dan ada rasa ingin berkreasi. hehe..

Enaknya apa bikin FF?

enaknya tuh lo udah punya tokoh yang pengen lo gerakin, beda sama orang yang mau bikin cerita baru. orang yang mau nulis cerita baru pasti butuh tokoh baru.
enaknya juga tokoh itu kebayang di otak lo, dan tinggal ngubah jalan ceritanya aja.

Ga enaknya apa?

kalo ga enaknya ya elo tuh ga bisa berkreasi sama yang lain. hehe.. *mungkin, semuanya tergantung author juga sih*

setiap ngerjain sesuatu pasti kita punya kendala kan?
nah, pun begitu dengan FF. lo pasti bakal ada kesulitan pas ngebuat FF.
kesulitannya bisa berupa bingung mau nulis apa atau bisa disebut ga ada ide, sampe kendala 'mati gaya' soalnya lu udah nulis panjang kali lebar kali tinggi dan ternyata lo bingung ini cerita mau dibawa kemana. kendala lainnya tuh lo bingung sama karakter tokoh yang akan lo bikin.
ini nih kendala baru gw ketika gw nulis FF.

saatnya cerita.
jadi, gw tuh kesulitan ketika gw harus nulis cerita. masalahnya karakter tokoh itu penting supaya jalan cerita tuh nyambung dan ada konflik yang tepat.
misalnya nih ya, gw udah mati gaya duluan ketika gw mau nulis FF tentang Kwang Min. gw baru tau Kwang Min dari video boyfriend, dan video itu sama sekali ga ngover semua personaliti dia otomatis gw jadi bingung mau nentuin karakter dia kayak gimana.
ksus yang kedua tuh pas gw mau bikin FF tentang Siwon, gw juga rada bingung nih soalnya gw ga tau-tau amat sama personaliti si Siwon ini.

apa yang harus gw lakukan?

akhirnya, mau gak mau gw harus nyari info tentang target yang bakal gw jadiin FF ini. bisa dengan nonton reality show mereka sampe nyari gosip terbaru mereka atau mungkin sampe tau tentang kehidupan mereka.

kenapa itu penting banget??

mungkin hal ini buat gw penting tapi ga tau buat author-author yang lain. gw termasuk orang yang pengen bikin FF ga cuma pinjem nama tapi juga pinjem kepribadian. kenapa? soalnya ketika kepribadian orang yang gw tulis itu beda dengan kenyataan otomatis orang-orang yang baca bakal ngerasa gak sreg. hhmm.. jadi, gw butuh karakternyata si tokoh yang gw bikin FF ini.

terus progressnya sekarang gimana??

alhamdulillaaaaaaahhh banget gw udah selesai sekitar 5 FF dengan tokoh yang berbeda-beda. oh iya, 1 lagi FF berseri gitu.
cerita FF itu tokohnya ada yang dari serial TV CSI: NY (Don Flack, and Danny Messer), Senior gw sendiri (2 orang senior gw yang gw bikin FF), terus yang terbaru adalah FF anak SuJu. gw emang lagi demen banget bikin yang tokohnya itu SuJu. ada 2 tokoh yang gw pakai sebagai pendamping tokoh tambahan yang gw buat yaitu Eunhyuk dan Kyuhyun. hehe..
gw udah berhasil menyelesaikan 2 FF SuJu.
1 lagi FF berseri gw yang belum sempet gw tamatin ngambil tokoh pemain bola kesukaan gw, Javier Chicharito Hernandez Balcazar. hehehe..
oh iya, sampe lupa FF gw juga da yang tentang twilight :))

jadiii... itulah sesuatu yang lagi gw senengin. makanya gw kalo ngenet bawaannya baca FF mulu. haha.. kadang FF itu lebih seru looohh.. soalnya beyond imagination >> ini slogan apa ya? hehe..
sekedar curhat aja, kala baca FF kadang-kadang emang suka ada FF yang yadong. tapi buat gw okelaaahh.. #eaa baca FF tuh kadang-kadang geli sendiri, abis kadang authornya keren bangeeeett nulisnya.

oh iya, kayaknya ini bukan tulisan pertama gw soal FF ya?
gw kasih saran, kalau kalian mau baca FF sebenernya sih bisa di situs FF mana aja tapi gw rekomendasiin fanfiction.net. tempat FF ini emang agak uumm.. apa ya? agak alay tapi banyak juga cerita yang bagus. hehe.. pinter-pinter lo nyari aja yang bagus.
selain itu ada tempat FF yang bagus buat penggemar suju yaitu http://superjuniorff2010.wordpress.com.

silakan dicari... happy reading.
nanti gw masukin juga alamat blog FF gw kalo udah gw update yang paling baru. iihhiiirrr...


-XO Valda XO-

No comments:

Post a Comment