Friday, October 8, 2010

WAYANG

rasanya idup gw gak lengkap banget kalo kuliah gw cuma tentang belajar-belajar melulu. hehe..
di smester pertama ini gw dapet MPKS, apakah itu MPKS?
MPKS tuh mata kuliah seni. sebenernya kita boleh milih antara seni ato olah raga. cuma gw lebih milih seni karena berhubung gak bisa olahraga. hehe..

awalnya milih wayang pun gw galau banget. hehe..
abis niat gw tuh mau masuk MPKS film, tapi berkat adu urat dengan bokap gw akhirnya gw mengalah dengan ngambil MPKS yang berbau-bau jurusan gw juga yaitu JAWA. hehe..
gw bingung mau milih apa. ada 3 pilihan di otak gw.
1. MPKS karawitan Bali
2. MPKS karawitan Jawa
3. Wayang

kelebihan karawitan Bali itu gw bisa nari bali dan menurut gw, suara gamelan bali itu eksotis. hehe..
kekurangannya, ya gw gak pernah megang gamelan. pastinya gw bakalan keder. hehe..

kalo karawitan Jawa, gw juupuga mikir gak ada alasan satupun yang bikin gw interest ama tuh gamelan yaaahh... walopun gw suka musik cuma gw males maen musik. ckck-

akhirnya dengan modal nekat dan kesoktahuan tentang wayang gw milih MPKS wayang 5 yang di dalemnya udah ada 5 orang temen gw dari jurusan yang sama. hehe..

alasannya adalah gak jauh dari gw tertarik dengan epos ramayana dan mahabarata. padahal gw waktu itu cuma tahu tokoh pandawa dan perseteruan antara sugriwa dan subali. hehe..
tapi alhamdulillah gw seneng bisa terjun jadi seorang pecinta wayang.
gw kagum dengan imajinasi si pengarang dan bener-bener mengapresiasi soal lakon-lakon yang ada.
semuanya sarat akan nilai-nilai falsafah orang hidup di dunia.
wayang juga bisa di artikan kehidupan kita yang nyata karena percaya atau engga lakon-lakon wayang itu sifatnya emang ada di dunia ini. :)

yang membuat gw semakin kagum adalah waktu liat bentuk-bentuk wayangnya.
ya ampuuuunnn.... kenapa sih kalian malah lebih seneng liat sinetron gak puguh di bandingkan wayang??
haha...

hari-hari pun berjalan dan gw semakin cinta dengan kesenian ini. walopun gw gak bakal jadi dalang seenggaknya gw tertarik dan peduli dengan kesenian ini. hehe...

pada akhirnya gw punya 1 tokoh idola di wayang.
siapa lagim kalo bukan Prabu Yudhistira. hehe..
dia itu cowok idaman gw, yaahh.. kurang lebih.
dia orangnya bijaksana, sabar berbudi baik.
orang yang begitu tuh jarang banget. dan dia itu adil!! hahaha....



walopun gak 100% gw pengen yang kayak Yudhistira banget, yah paling engga jujur, tanggung jawab, sabar, berbudi baik, bijaksana dan adil tuh jadi yang utama. hehe..

rasanya 1 SKS kurang deh buat memperdalam tentang wayang ini. walopun mungkin ada yang mikir MPKS ini gak penting. tapi menurut gw MPKS ini penting loohh buat mengenal falsafah hidup dan gak bakal tersesat di dunia ini. secara yang nulis cerita wayang ini udah berpengalaman. heheh..

di dunia yang makin ruwet ini kita juga harus punya pegangan.
nah, wayang ini jadi salah satu sarana pelajarab juga. jadi cara pandang kita gak harus kebarat melulu.
kenalilah siapa sih diri kita dan fungsi serta kewajiban kita di dunia itu untuk apa.
di situ baru kita punya pondasi yang kuat untuk bertahan.

wayang ini memang ceritanya di ambil dari india dan pasti tau dong India itu kan mayoritas Hindu dan cerita epos-epos yang hebta itu juga pastinya ber-background Hindu yang kental.
tapi, pada dasarnya itu adalah falsafah bagaimana kita bersikap di dunia ini misalnya antar hubungan dengan TUHAN dan sesama manusia.
dan yang pasti kebenaran melawan keangkaramurkaan.

so, gw pengen banget bikin penelitian kecil. kalo selesai ya alhamdulillah. ehehe..
tentang pandawa. so pasti udah tau dong siapa pandawa itu. hehe..
kalo lo gak tau, mending jangan ngaku orang yang tinggal di pulau jawa deh. haha..
ato.. gw bisa bilang, kuper banget sih lo!
pandawa doang gak tau! lu idup di jaman apa? pasti lo gak punya budaya dan gak punya identitas. haha... kasian.. unyuunyuuuuuuu~

nah, makanya gw kasih tau deeh..pandawa itu ada 5.
yang tertua Yudhistira, trus Arjuna, Bima dan saudara seayah beda ibu dan kembar Nakula-Sadewa.

udah tau kaan sekarang?
mau tau kelanjutannya?
ntar yeeee...
gw publish nanti tentang mahabarata dan sedikit pandangan para mahabarata holic. hehe..

okay.. gw memang pengen bikin ending gegantung tentang post gw kali ini.
haha...
so, kenali diri kalian sendiri dan bersikaplah seperti dimana kalian seharusnya berada!! :D


cheeerrrsss...


_XOXO valda_

No comments:

Post a Comment