Monday, October 11, 2010

Mahasiswa

Kayaknya ini bukan yang pertama kali gw nulis tentang mahasiswa. Hehe…

Tapi sayangnya gak ada satupun tulisan gw yang di publish di blog. Yaahh.. you know-lah keterbatasan gw dengan akses internet emang jadi kendala. But.. it's okay selama gw masih bisa ngeluarin pendapat gw di jurnal elektronik gw. Hehe..

Jadi mahasiswa itu emang enak ya? Berasa udah gede. Tapi itu awalnya. Lama-lama gw ngerasa tertekan juga dengan status gw yang mahasiswa ini. Gw hidup sekarang jauh sama orang tua. Gw ngerasa harus dewasa juga, sedangkan gw kadang gak begitu peka dengan kegiatan di sekitar gw. Itulah kenapa gw ngerasa tertekan ama semuanya, gw dituntut berkontribusi disini. Hmm.. itu bener-bener beda dengan jaman pas SMA. Sekarang gw dapet gak enaknya. Haha.. secara gitu ya.. gw itu selalu tinggal sama orang tua, sekarang jauh jadi agak susah.

Gw harus survive dengan lingkungan yang ada dan gw ngerasa masih susah aja untuk berbaur. gw di tuntut peka. Ya Tuhaaann… gw emang sifat dasarnya gak pedulian kali ya?! Gila susah banget untuk ngerti keadaan. Hmm..

Di perantauan pun gw harus dewasa dalam membagi waktu. Mulai dari cuci baju, belajar, makan.

Dan sialnya semua itu belum bisa berjalan dengan baik.

Gw selalu menumpuk baju kotor di akhir minggu, sedangkan PR pun belum di kerjain, akhirnya makan terbengkalai. Ya ampuuuuunnn…. Apa ini artinya gw belum bertanggung jawab sepenuhnya dengan hidup gw? Gw ngerasa masih pengen main-main, tapi gw gak bisa. Ada 24 jam sehari dan gw pikir itu cukup, ternyata gw gak bisa memenejemen waktu gw. Gw tiap hari hampir selalu terlamabat! That's suck!

Gw pengen banget jadi anak yang rapih, yang setiap hari bisa di andalkan, gw juga mulai berpikir nongkrong itu asik, tapi gw pikir banyak yang harus gw kerjain daripada nongkrong gak jelas. Dan gw sekarang udah punya UKM, alhasil waktu gw bakalan sedikit banget buat bisa main atau dapet hiburan. Haha…

Kuliah is suck! Kalo bener-bener gak di maknai. Minggu depan gw udah UTS. Oh my GOD! Gw bener-bener takut gak bisa ngerjain, guess what? PLU itu gw belum baca sedikitpun. How can I? hmmm-

24 jam sehari itu kok pendek banget ya rasanya? Gw harus tega dengan diri gw sendiri. tapi gw gak suka meninggalkan zona nyaman gw. Haha…

Oh iya, belum berhenti sampai situ, gw itu mulai punya "crush". Yaahh.. mas Angga. Dia senior gw di sasjaw. Gw suka dia aja, akhir-akhir ini dia emang menggelitik otak gw untuk selalu mikirin dia. Hahaha…

Mungkin yang namanya suka sih boleh aja ya? Cuma gw takut ngeganggu jalannya studi gw. Oh my god!

Haha… dan banyak banget buku yang mau gw baca, tapi demi apapun, gw gak punya waktu untuk baca dan mengembangkan pikiran gw. Apa sih yang salah sebenernya ama gw. Gw pengen jadi lebih baik. Gw pengen jadi anak yang bisa dibanggain sama ibu nd bapak. Gw pengen bisa lancer studinya.

Gw pengen bikin manajemen waktu yang baru. Hmm-

03.00 : solat tahajud

03.30 – subuh : belajar

4.30 – 5.00 : belajar

5.00 : nyuci

6.00 : mandi

6.30 : makan

7.15 : berangkat

Pulang kuliah ya jadwal menyesuaikan.

Yang pasti solat, mandi trus bersosialisasi di bawah sampai makan malem, selesai makan ya naik ke atas trus belajar sampai jam 22.00

Hadeehh… harus tega deh tiap hari begitu, apalagi tiap senin nd kamis, gw harus puasa. Hehe..

Gw juga masih punya utang puasa sekitar 2 minggu dan utang 150 rebu. Hmm… semoga bisa gw bayar.

Gw mau ngebuka usaha gelang lagi nih, mau cari-cari info dimana bisa beli bahan baku dan mau mulai lagi dari awal. Sekarang gw harus bener-bener mikirin pasar dan konsumsinya. Hehe.. bagus juga gw ikut motif dan CEDS, Alhamdulillah banget bapak juga setuju buat ngembangin bisnis kecil-kecilan ini. Yaahh.. walopun gak bakal jadi sandaran hidup tapi kan hasilnya lumayan buat nambah-nambah uang saku dan lapangan kerja. Hehe..

Gw juga seneng bisa semangat untuk hari senin minggu ini, gw gak mau kalah dengan teman-teman yang lain. Gw mau bisa belajar banyak. Sekarang gw udah beres nyusun power point MPKT, tinggal belajar dan bikin resume singkat untuk presentasi. Di usahakan nilai gw itu harus A!! hehe..

PBJ juga mau belajar lebih keras. Hmm- sayangnya kendala gw itu di PLU, haduuhh.. mana belum hafal lagi. Mau gak mau gw harus SKS nih. Ckck- yah, paling engga gw harus nulis garis besarnya aja, trus gw juga liat soal-soal yang udah dibagiin. Hehe.

Selain gw belajar tentang disiplin waktu, gw juga belajar tentang menejemen uang. Gw harus punya gambaran kasar uang seminggu itu habis untuk apa aja. Hehe.. trus tiap hari pengeluaran gw pun harus di catet. Kalo ampe lebih dari perkiraan berarti harus ada evaluasi dan pengkajian.

Alhamdulillah banget bapak nd ibu masih kuat untuk ngebiayain gw, gw juga mau nyari beasiswa. Biasanya sih akhir smester 1 suka banyak, ntar baru di tutup lagi pas juni. Hmm- saatnya nanya-nanya di sub bak!

Gw juga mau rencana penelitian atau lebih bisa disebut mempelajari tentang pandawa itu bisa terus lanjut. Trus gw pengen menganalisis satu persatu tokoh pandawa yang ada. Abis itu gw mau mengulas tentang baratayudha. It sounds interesting! Hehe..

Gw mau mempublikasikan karya gw itu. Gw mau masyarakat yang tinggal di Indonesia, pulau jawa khususnya bisa tau dan menjadi cinta akan kesenian dan budaya yang ada, walopun cerita epos ini bukan dari Indonesia asli, tapi karena perkembangan zaman pastinya banyak nilai falsafah hidup yang sudah di sesuaikan dengan karakter orang jawa. Hehe.. gw sebagai orang jawa harus bangga dong.

Passion gw yang lain selain wayang adalah batik. Gw pengen ngerti seluk beluk batik, gw pengen ngerti. Gw mau mengembangkan batik seperti orang jepang mengembangkan kimono dan yukata. Gw pengen banget bisa bikin orang lain bangga akan Indonesia. banyak pertanyaan yang ada di kepala saya. Sudah dari dulu cita-cita saya bahwa menjadikan pariwisata Indonesia bisa maju, yang pastinya kita juga harus kuat akan ekonomi dan pertahanan.

Waahh.. jadi kemana-mana nih. Gw sih mau berfokus di budaya aja. Oia, gw juga mau mencoba meluangkan waktu untuk baca-baca headline koran. Rasanya gw gak ngerti apa-apa. Haha.. abis gw juga nyarinya berita tentang artis melulu. :P

Gw bakal meluangkan waktu ke perpus bukan untuk necengin mas angga, gw pengen baca koran aja. Udah itu gw mau pulang. Tapi, gw selalu kuliah pagi. Hmm- sebenernya ada beberapa waktu kosong. Gimana cara pengaturannya liat ntar aja, mau beli atau baca di perpus ya itu bisa diatur.

Kembali, semua orang punya passion dan obsession yang berbeda, dan gw gak berusaha untuk meracuni pikiran mereka dan mencoba mengubah mind set mereka. Yang pasti sih, gw pengen mereka itu menjadi apa yang mereka cita-citakan tanpa lupa siapa mereka sebenernya. Siapa mereka itu jawabannya adalah masyarakat Indonesia. jangan pernah lupa budaya ketimuran yang menjunjung tinggi sopan santun (gw harus mulai ini budaya), toleransi, disiplin. Berkacalah pada Negara jepang! Mereka itu bangga kalau harus membela Negara, karena mereka abdi Negara dan mereka berusaha sekuat tenaga untuk negaranya. Mereka amat bangga dengan lambing bunga sakura.

Hadeehh.. gak jauh deh kalo udah gini pasti mikirin politik, duh.. gw tuh gak suka yang namanya politik. Gw pengen ada demokrasi dan banyaknya toleransi. Kayaknya Negara kita Cuma banyak ngomong doing deeeehh… sadar gak sadar itu jadi tanggung jawab gw.

Duh, jadi mahasiswa rempong banget sih?! Gw bersyukur bisa kuliah di UI dan gw bisa masuk sastra jawa. Hehe.. kondisi kampusnya mendukung banget untuk bisa mengembangkan pribadi ke arah yang lebih positif. Tapi, pastinya lingkungan kampus yang multicultural itu juga harus diwaspadai. Semoga Allah ngelindungin gw. Amiiiieeenn…

Segini dulu dah. Nanti lagi yaa…

Keep the spirit ON!!


-xo VALDA xo-

No comments:

Post a Comment