Saturday, October 23, 2010

Review Workshop Penulisan Kreatif “Warna-Warni” FaLaSiDo

Tanggal 13 oktober 2010 tepatnya hari Rabu, gw berkesempatan ikut workshop penulisan kreatif yang di adain sama prodi sastra Indonesia.

Yaahh.. you know lah gw pasti ngerasa excited banget dengan workshop yang bakal ngebantu gw dalam melatih penulisan cerpen atau novel yang sayangnya gw vakumin beberapa waktu dengan alasan gw gak minat dan gw takut berbuat salah dalam penulisan naskah.

Oh well, gw kok malah cerita?! Hehe.. langsung aja deh gw ceritain apa aja yang terjadi selama workshop. Hehe..

Workshop ini diadain di auditorium gedung 4 ruang 4101 dengan jumlah peserta hanya 30 orang. Hehe.. gw adalah orang terakhir yang mesen tiket looohh (bangga). Workshop ini dimulai jam 13.00 sampai jam 15.00. pembicara workshop ini yaitu mas Christian Simamora author novel coklat stroberi, pillow talk dan lain sebagainya, terus pembicara yang lain itu mbak Gita Romadhona dari gagas media.

Karena workshop itu lebih santai dari seminar jadi cara pembawaannya pun lebih asik. Awal workshop ya ngobrol-ngobrol dengan mas Christian tentang pengalaman menulisnya. Yaahh.. kalian pasti tau dong kalau siapapun orang terkenal gak mungkin tiba-tiba terkenal, pasti ada sesuatu luar biasa yang bikin dia terkenal. Nah itu juga berlaku sama mas Christian, dia sebelum terkenal gini pernah naskahnya ditolak penerbit. Hehe.. tapi itu semua gak bikin dia nyerah dooong. Ini bener-bener jadi pelajaran buat gw, diaman gw kalau ketolak harus berusaha lebih keras dan cerdas tentu aja gw harus legowo dalam menerima kritik yang membangun dari teman maupun orang lain. Hehe..

Nah, dari workshop itu ada beberapa tips bagaimana menulis yang baik. Okay.. lets check this out!!

TIPS MENULIS YANG BAIK

  1. Mempunyai tema
  2. Pengembangan tema harus berbeda dan menarik
  3. Pemaparan tokoh dan karakter harus jelas
  4. Ceritanya gak boleh datar
  5. Settingnya harus jelas

Kalau biacar soal tema pasti kebanyakan perempuan bakal ngambil tema "cinta". Hehe.. yaahh… percaya gak percaya tema ini emang menjual dan gak ada matinya. Tapi, masalahnya apakah kita bisa mengolah tema ini dengan baik. Kalau tema kita soal cinta kepada senior, bisa gak sih kita bikin cerita yang beda?

Gak terlalu perlu sih ngambil tema yang lagi booming atau kontroversi yang penting sih gimana lo ngolah tema itu jadi cerita utuh yang bagus untuk dinikmati semua orang. Terus, pemaparan tokoh. Biasanya sih pemaparan tokoh itu ada di awal cerita, gak usah terlalu kompleks atau terlalu berlebihan yang bikin pembaca itu malah bosen, tapi make it simple and interest to read. Dan dipastikan harus sinkron antara karakter dan dialog si tokoh. Hehe..

Kalo cerita gak boleh datar emang harus ya! Hehe.. cerita kita itu harus bikin addicted untuk dibaca, pastinya dengan cara alur cerita itu menarik dan gak bertele-tele, waaupun straight to the point tapi tetep enak dibaca karena kata-katanya yang mengalun enak.hihi..

Setting, ini nih yang suka di komentarin sama editor. Kalau kamu ngembil setting luar negri ya jangan kayak masih di Indonesia, paling engga kamu pernah ke tempat itu untuk survey, haha.. tau kalau kamu gak mau ya kamu harus banyak ngobrol dengan orang asli sana dan belajar kebudayaan dan mengenal tempat-tempat terkenalnya. Bisa juga kamu koleksi foto dan artikel yang terkait dengan setting yang akan kamu pakai.

Selain itu ada hal-hal yang mendukung kelancaran kita dalam menulis yaitu;

  1. Mengerjakan proyek novel atau cerpen kita sepenuh hati, kenapa? Soalnya kalau setengah-setangah cerita kita gak sempurna dan gak bakal bagus.
  2. Punya gaya tulisan sendiri. eheemm.. kita pasti punya idola penulis, tapi jangan sampai kita terjebak dengan gaya penulisan yang sama, soalnya salah satu syarat menjadi penulis terkenal adalah punya gaya tulisan sendiri.
  3. Menulis novel atau cerpen gak harus ngikutin permintaan pasar kok, kalo kamu suka tema tentang fantasi ya tulis aja, yang pasti kamu harus menguasai tema yang kamu pilih. Genre kita juga harus spesifik dan jelas, kalau kamu gak bisa nulis cerita misteri ya jangan di paksain doong. Hehe.. tentukan dimana tempat kamu nyaman menulis.
  4. Menulis cerita yang efektif itu dari pengalaman sendiri, karena kita tau seluk beluk perasaan sampai keadaan sekitar kita. Hehe
  5. Kalau kita puny aide, kita harus cepet-cepet tulis. Kalau kita udah senggang baru deh kita tulis bener-bener apa cerita kita. Ini bertujuan agar ide kita gak menguap karena kita males nulis. Hehe..

    Kata mbak gita romadhona, kalau mau jelas y aide awal kita bisa di bentuk suatu pyramid. Bagian yang runcing di atas untuk pemaparan tokoh, inget! Jangan teralu panjang, lalu tahap kedua itu konflik yang muncul di cerita, tahap ketiga klimaks atau pecahnya konflik, bagian yang paling bawah itu sebagai anti-klimaks sebagai penyelesaiian masalah.

  6. Haru mau menerima kritik. Ya iyalaahh.. ini kan buat kelangsungan kita juga, kalau bagus kan kita sendiri yang metik hasilnya. Hehe.. jangan berkecil hati dan tetap semangat!
  7. Mulailah dari hal yang kecil tatapi kontinu

Eheemm… gimana tuh? Bagus-bagus kan tipsnya. Adalagi nih tips yang di kasih mas Christian supaya naskah kta di terima penerbit. Hehe.. cekidot!

  1. Tema yang beda
  2. Alur harus runut terdeskripsi dengan baik entah dari dialog atau deskripsi
  3. Ceritanya harus masuk akal kalau mau nulis fiksi cinta,kecuali kalau mau nulis fantasi.
  4. Keefektivan kalimat dan penggunaan tanda baca. Ini penting banget malahan!! Kita harus belajar lebih untuk penguasaan bahasa dan tanda baca
  5. Perhatikan prolog dan epilog karena itu penilaian penting dari pembaca untuk penulis
  6. Perhatikan dialog
  7. Harus punya riset yang baik, kayak yang udah di jelasin di atas kalau mau pakai setting luar negeri harus bener-bener terdeskripsi dengan baik
  8. Novel yang dikirimkan harus matang! Itulah fungsi dari mengerjakan novel spenuh hati. Hehe..

Nah, itu dia kurang lebih keseluruhan yang dibahas di workshop falasido. 1 lagi deh. Penulis yang bagus itu penulis yang dapat mempengaruhi si pembaca.

Gw mau cerita dikit, di akhir acara ada forum Tanya jawab, dan gw bertanya jadinya gw dapet hadiah 2 novel dari gagas media. Hihi.. makasih ya gagas!

Ilmu ini emang gak bakal gw terrapin secara langsung tapi, ilmu ini berguna banget buat kelanjutan gw di dunia tulis menulis ini, walaupun gw belum tertarik menerbitkan cerpen gw. Haha..tapi seenganya gw punya dasar untuk di kembangkan.

Yaaahh.. segini dulu deehh.. keep trying ya..


 

Love to writing and reading


 

-XO valda XO-

No comments:

Post a Comment