Tuesday, February 5, 2013

Menyambut T.A.B


Tahun ajaran baru sebentar lagi. apa yang udah kalian persiapkan?? memang ada yang harus disiapkan ya? hmm.. ada dong... coba kita listing apa yang harus disiapkan.

Masuk Tahun Ajaran Baru pasti ada yang baru. gak cuma secara fisik kayak barang-barang baru tapi juga secara mental. walaupun cuma masuk semester genap tapi buat kita yang kuliahan kayaknya setiap semester adalah evaluasi. 
kadang, persiapan mental dalam menghadapi tahun ajaran baru tuh suka dianggap remeh. padahal membangun mental di awal tahun berefek bagus loh. kita jadi punya tujuan dan target yang jelas kedepannya, selain itu membangun mental juga berarti sudah membuat list evaluasi apa yang sudah kita lakukan, sehingga kedepannya kita ga akan melakukan hal yang salah 2x. 

Mempersiapkan tahun ajaran baru memang susah-susah gampang, sebelum mempersiapkan mental, ada baiknya kita mempersiapkan fisik. ada beberapa list tips nih. kkkk~

1. kalau rumah kamu jauh dari kampus dan kamu ngekost ada baiknya kamu balik ke kostan ga mepet sama jadwal masuk kampus supaya fisik bisa menyesuaikan selain itu bisa beres-beres kamar. jadi ketika masuk kita ga terburu-buru.

2. coba beli barang-barang baru atau recycle.
misalnya kamu bosen dengan gaya semester kemaren yang kebanyakan jeans dan kaos, bisa semester ini kamu beli dress atau rok-rok supaya mood kamu lebih baik. atau recycle jeans dan kaos-kaos lama kamu pasti seru.

3. belanja aksesoris
percaya atau engga, adanya gelang, kalung, cincin, anting, bros dan segala aksesoris bisa bikin mood kita lebih baik

4. belanja tas ataupun ATK
pake tas yang beda dan outstanding pasti bikin rajin ngampus. hahaha.. jangan lupa lengkapi dengan ATK (alat tulis kantor) bolpen jel yang enak, pensil mekanik yang bagus, binder yang unyu pasti bikin betah belajar. hahahahaha

5. 1 hari sebelum masuk ada baiknya treat yourself.
luluran... maskeran.. waahh.. besoknya langsung semangat ngampus (Y)

nah.. itu tadi yang fisik. gampang kan yaaaaaa....

sekarang pembenahan mental. keukeu.. agak lebih sulit sih tapi yakinlah bisa. soalnya kadang perencanaan lebih mudah dilakukan tapi pelaksanaannya berat. hehehe.. kita mulai dengan

1. list apa yang akan dilakukan di semester ini (target dan tujuan gitu)
fungsinya untuk mengingatkan dan memacu semangat. list dari yang terdekat sampai yang terjauh atau yang terjauh ke terdekat. depends on yourself lah.

2. lakukan evaluasi, kalau udah listing kita liat kelebihan dan kekurangan semester kemarin apa supaya kedepannya kita ga salah lagi.

3. tetapkan rencana. rencana ini bisa jadwal belajar atau daily routine. jadi jelas kapan kita belajar dan rekreasi. selain itu juga harus dilakukan budgeting supaya membantu kita (apalagi yang anak kost).

tipsnya nih kalau bikin rencana harus realistis supaya gampang diterapkan soalnya sama aja kalau bikin bagus tapi ternyata ga dijalankan. intinya sih jangan muluk-muluk. Kkkk

4. pake mindset “do you best” dan terapkan “do what you like, and love what you do” supaya ga terasa berat dalam menjalankan kewajiban. Selain itu bersikaplah perfeksionis dengan cara pantang mendapatkan hak sebelum kewajiban selesai. Bersikap professional dalam setiap hal yang berkaitan dengan pekerjaan. jangan biasakan mentoleril hal-hal sepele, misalnya bangun terlambat atau menunda pekerjaan. pokoknya selama bisa dikerjakan saat itu ya saat itu kerjakan.

5. mindset belajar OK, sekarang mindset untuk olahraga dan bersosialisasi. Ini penting supaya kita hidup lebih seimbang.

Whoa… oke deh.. mungkin Cuma segitu yang bisa saya bagikan.
Semoga bermanfaat dan tetap semangat ya di tahun ajaran baru ini :)


Yang bersemangat
-XO Valda XO-
­

No comments:

Post a Comment