Monday, December 6, 2010

TUHAN SELALU PUNYA RENCANA

Agaknya minggu-minggu terakhir ini gw jalanin dengan semangat yang menurun drastis walaupun nilai akademik gw bagus. Rasanya juga minggu-minggu ini gw menganggap Tuhan itu tidur dan gw menyepelekan kegiatan keagamaan gw. Gw pikir gw udah jauh dari Tuhan dan gw berusaha hidup ‘mandiri’. Entah apa yang gw pikirin minggu-minggu lalu sampai saat gw nulis blog ini. Gw ngerasa gw bodoh banget dan gw malu banget, disaat gw lagi bingung dan kalut rasanya gw butuh pertolongan dari yang Maha Penolong.

Gw malu sebagai hamba Tuhan sama sekali gak peduli dengan keberadaan Tuhan gw dan gw malah sombong banget. Astagfirullahhaladzim. Hehehe.. gw selalu punya resolusi untuk diri gw sendiri dimana gw harus lebih baik dalam segala kegiatan.

Okaaayy.. minggu ini adalah minggu termalas yang pernah gw jalanin di perkuliahan ini. Pertama, gw gak buat LTM MPKT, trus gw gak buat LTM PKJ tentang Ramayana, trus gw gak latihan PK. Rasanya gw menjalankan kegiatan gw tuh semaunya sendiri. gw tau sih, gw lagi dalam masa mencari jati diri, karena kerasa banget kok gw itu bertanya-tanya tentang diri gw sendiri, gw itu bakal kayak apa, gw itu bakal jadi siapa dan apa yang harus gw lakukan untuk mencapai cita-cita gw.

Rasanya udah 2-3 minggu ini gairah idup gw menurun banget, walalupun di beberapa bidang gw tetep bersemangat. Misalnya soal gw pengen lebih deket sama Angga. Hahaha.. kalau itu sih gw gak tau kenapa bener-bener tetep semangat. Padahal itu tuh kadang gak penting banget untuk kelangsungan idup gw. Haha.. emang sih kalau gw gak PDKT gimana gw bisa nikah atau paling engga gw bisa pacaran. Tapi, setelah gw pikir-pikir (baru sekarang gw mikir) tujuan utama gw ke UI itu bukan untuk pacaran. Hahaha.. gw punya studi yang Orang Tua gw tuh bener-bener berharap banyak soal ini.

Akhirnya, gw sadar dan gw gak menyesal untuk baru sadar sekarang karena dari pada gw gak sadar sama sekali hayooo.. hehe.. gw baru sadar kalau Tuhan itu masih sayang banget sama gw. Rasanya terharu juga ya kalau gw inget kejadian yang baru aja menimpa gw sore ini. Gw ngerasa jadi manusia beruntung banget yang masih disayang sama Tuhan dan masih diperbolehkan untuk tobat. Hehe.. maafkan saya ya Allah!!

Ceritanya gini, gw balik sore abis latihan PK (sebenernya gw Cuma liatin yang latihan karena gw udah bilang gw gak bisa karena gw masih sakit dan gw gak mau badan gw jadi korban dan akhirnya semuanya malah berantakan). Gw parkir motor kayak biasa di FIB, ternyata hari ini ada pemerksaan STNK, sialnya gw gak bawa. Jadilah gw dimarahin sama satpam FIB dan nyuruh gw besok untuk ngasih bukti STNK. Gw sempet panic banget, karena gw gak bawa STNK dan gw lupa ditaroh dimana, seinget gw ada di jaket, waktu gw rogoh kantong jaket gw ternyata gak ada “waduh!” kata gw dalem hati. Gw udah lumayan bingung dan akhirnya gw pulang dengan hati cemas, mana motor gw belom diisi bensin. Eerr~ gw panik aja, takut-takut ada polisi yang iseng nilang gw. Lagi-lagi karena Allah, gw gak ketilang polisi dan gw bisa sampai rumah dengan selamat sentosa. Hehehe.. pulang kerumah ge tetep panic karena takut-takut STNK gw beneran ilang. Akhirnya secepat mungkin gw ke kamar dan gw langsung menuju gantungan jakun gw dan merogoh kantongnya! And guess what?? STNK gw ada! Gw rasanya lega banget kayak orang yang cemas sama anak tapi akhirnya nemu juga. Rasanya jadi pengen nangis deehh..

Setelah gw merenung ngeliatin STNK gw, gw ngerasa Tuhan lagi menegur gw, karena gw udah lalai dan dia pengen gw jadi Valda yang taat beribadah. Tuhan mau ngingetin gw kalau ada kehendak dia yang gak bisa gw pungkiri dan dialah satu-satunya tenpat gw berharap, memohon dan meminta. Gw Cuma bisa bergantung dengan dia. Mungkin memang udah jadi kehendak Allah STNK gw ketinggalan karena kecerobohan gw, selain itu, dia juga mau ngingetin gw akan konsekuensi gw yang udah memilih Islam sebagai jalan hidup dan suka gak suka harus gw jalanin seutuhnya. Gw ditegur Tuhan untuk selalu inget sama dia, dia juga menegur ge dengan amat sangat halus. Gw masih diingatkan kalau gw itu ceroboh, untung aja STNK gw gak ilang. Gimana ceritanya kalau STNK gw ternyata ilang? Itu mungkin bisa biking w syok banget dan bakal bermuram durja sampai beberapa hari dan bingung harus gimana dengan keadaan, dan sekali lagi Tuhan bener-bener masih sayang gw dengan hanya menegur gw lewat lupanya gw bawa STNK.

Teguran Tuhan yang lainnya adalah dengan gw sakit pilek, dengan gw sakit Tuhan mau liat semangat beribadah gw kayak gimana dan dia pengen nguji seberapa bersyukurnya gw dengan keadaan gw yang sakit ini dibandingkan dengan keadaan gw waktu sehat. Hehehe…

Rencana Tuhan adalah untuk bikin gw ngerasa nyaman akan kegiatan gw yang padat, tapi dia gak pengen gw lupa soal urusan agama karena ibadah juga penting untuk kelangsungan hidup setiap ciptaan Tuhan. Allah pengen gw sadar dengan diri gw sendiri dan dia mau gw terus berkembang menjadi lebih baik.

Oia, ngomong tentang rencana Tuhan, gw juga lagi berpikir tentang buku Chicklit yang gw pinjem di perpus pusat UI. Rasanya ada pesan tersirat Tuhan yang gw artikan gini “gak usah ngejar-ngejar seseorang yang belum pasti, tapi sekarang kamu focus sama belajar dan ‘menambal’ hati kamu dulu. Boleh aja bersenang-senang tapi jangan samapi itu nyusahin kamu dan kamu harus selektif dengan orang-orang yang akan kamu pilih. Lebih baik sendiri dulu dan perbaiki semuanya dari pada meneysal karena gak punya persiapan yang cukup”. Mungkin kurang lebih kayak gitu yang ingin Tuhan katakan lewat buku novel cinta yang gw pinjem. Rasanya gw berpikir kalau Tuhan bakal ngasih cobaan gw yang agak berat dengan cara yang gw gak tau itu, tapi gw berpikir dia bakal menguji gw.

Gw akhirnya menarik kesimpulan kalau apa yang gw jalanin ini sebenernya bukan rencana cadangan Tuhan untuk gw, tapi lebih kepada sebenernya ini adalah jalan hidup gw dan dia udah mentakdirkan gw untuk gini dan dia udah mengaturnya. Rencana dia yang kayak gini itu gak salah karena ini adalah rencana utama Tuhan untuk diri gw, dia berkuasa atas gw dan dia bisa merubah cerita sewaktu-waktu agar menarik dan menjadikan cerita itu terbaik untuk hidup gw.

Gak salah dengan hubungan gw yang putus dengan bintang. Karena itu udah jadi bagian misteri dari rencana Tuhan yang gak pernah kita tahu apa. Tuhan tahu apa yang terbaik untuk kita sebagai hambanya. Maka dari itu, kita harus mendekatkan diri padanya dan berusaha yang terbaik untuk diri kita dan lingkungan hanya untuk Tuhan.

25112010

With all I believe in GOD



-XO VALDA XO-

1 comment: