Sunday, December 26, 2010

Pentingnya Reformasi Birokrasi

KECEWA. mungkin itu kata yang tepat ketika gw liat berita di TV tentang penjualan tiket AFF Suzuki 2010 ini. menurut gw, panitia penyedia tiket untuk event ini belum (sebenernya bisa dibilang "tidak") profesional. pendistribusian tiket dan harga tiketnya bener-bener bikin gw ngelus dada, padahal di sisi lain euforia dan semangat membela TimNas bener-bener kerasa dan heboh banget! kenapa panitia gak bisa membantu kelancaran dan memfasilitasi pendukung yang udah capek-capek ngantri dan meluangkan waktu??

lebih dari pada itu, kenapa juga panitia harus pake kupon segala? kenapa gak langsung pake tiket?? emangnya penonton mau ngambil beras miskin atau sumbangan lainnya? penonton juga kan beli tiket! harusnya panitia jadi pelayan yang disiplin dan tertib.
kalau dipikirin, jadi ada prasangka kalau tiket itu jangan-jangan mau dikorupsi, eleuuhh... sebenernya gak baik nih berburuk sangka, tapi panitia sendiri yang bikin image mereka jelek.

di pintu-pintu penjualan tiket pun gak profesional, sampe banyak aksi dorong dan sikut. mungkin ini sih ada peran serta dari supoerter yang udah gak sabar. hmm... tapi bisa dong diminimalisir kejadian-kejadian yang gak ngenakin gitu?!

gw liat di berita kalau sampe ada yang rela tidur di stadion cuma untuk beli tiket. menurut gw sih itu hebat, mungkin ada juga yang mikir kalau itu tuh kurang kerjaan, tapi kerasa kan gara-gara suporter fanatik TimNas bisa semangat? hehe..
rasanya kurang pantes aja sama pelayanan yang masih belum siap dengan event berskala nasional. hmm...

penjualan tiket online juga gak menjamin, karena gw liat di berita kalau ada yang kayak penipuan gitu. kasian banget yang udah bayar pake kartu kredit, niatnya mau seneng-seneng, eh malah ditipu. sigh*

kenapa ya setiap jengkal hal yang ada di Indonesia bisa dijadiin tindk kriminal, kayaknya penjahat sekarang kreatif-kreatif. hasrusnya mereka berkontribusi di tempat yang benar, bukan malah jadi penjahat. hehe..

kalo mau main banding-bandingan, ya kita bandingin aja deh sama negara tetangga kita deh, pada tau kaann.. yup! Malaysia!!
emang sih fanatisme sepak bola di malaysia gak seantusias penonton di Indonesia, tapi yang perlu kita contoh bukan hal yang itu. Malaysia kayaknya lebih siap menghadapi event yang skalanya Asia Tenggara ini, buktinya mereka melayani penjualan tiket secara profesional, terlihat ketransparanan dari panitia. kita bisa beli tiket di loket stadion dan langsung dapet tiket saat kita udah beli. man, LANGSUNG DAPET TIKET! LANGSUNG MAN! LANGSUNG!!!
haha.. gak kayak di kita yang harus dapet kupon segala.

emang sih, ngatur massa di malaysia tuh cukup gampang karena mereka pendukungnya gak teralu fanatik, harusnya Indonesia juga bisa donk! kebanjiran penonton harusnya jadi motivasi tersendiri untuk menbuat pelayanan jadi makin bagus.

apa sih yang bikin Indonesia tuh gak bisa seprofesional itu? apa orang Malaysia makan kerikil? enggak kaan?! trus kenapa gak bisa? semua orang bisa kan jadi profesional?!

menurut gw sih, panitia di Indonesia harus siap dengan keadaan apapun, walaupun pendukung sedikit harus kerja maksimal, apa lagi pendukungnya banyak.. ya harus lebih lagi.
gak perlu deh tuh pake kupon-kupon segala! lo kira ini undian?? haha..
lama... proses distribusinya terlalu panjang! tenaga gak efisien dan gak efektif. trus, kenapa masih di pertahankan? harusnya panitia sadar betapa orang yang beli tiket itu udah capek-capek, panitia pelayanannya harus memuaskan! jangan seenak perut aja! tolong kesampingkan kepentingan pribadi, ini menyangkut dukungan moril penonto yang udah rela, dan yang pasti ini buat TimNas kita juga kaaann??

penting banget diadain reformasi birokrasi, panitia harus melayani dengan baik, profesional, efisien, dan efektif. panitia juga harus memperpendek sistem pembelian tiket! gak usah pake kupon!!

yaahh.. seengaknya ini yang bisa gw ungkapkan. betapa mirisnya gw ketika gw liat temen-temen pendukung TimNas yang rela ke Senayan dan menemukan hal-hal gak ngenakin hati disana.
di satu sisi kita bangga dengan negara kita, tetapi di sisi lain kita kecewa dengan pelayanan yang udah di berikan ke kita.

kapan Indonesia berubah? perubahan ini bukan buat gw atau lo aja kok. perubahan ini buat kita semua yang merasa cinta dan bangga akan tanah air kita, INDONESIA!!
jangan lagi ada ketidak profesionalan.


with love.


-XO valda XO-

No comments:

Post a Comment