Wednesday, January 30, 2013

Ngomongin Tentang RSBI

Heyho...

Tiba-tiba gue tertarik untuk bahas tentang RSBI. gara-gara ada berita penutupan RSBI, walopun rada telat tapi hayoklah kita diskusi.

RSBI : Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional.
sekilas dari namanya aja kita bisa tahu kalau sekolah ini adalah sekolah yang bakal 'beda' dari sekolah yang lain. secara kasar aja kita udah bisa nilai kalau sekolah model kayak gini tuh pasti yang dipikirin bakal pake bahasa inggris (kan judulnya internasional).

Tapi... kok gue ngerasa internasional ini mengacu bukan pada bahasa pengantar tapi lebih ke infrastruktur. jadi kalo sekolah RSBI tuh kelasnya ada PCnya, ada proyektor, ada layarnya, ada ACnya. gituuuu... malah ada WCnya di kelas. heung~
yah.. katanya sih menunjang pembelajaran. hmm.. oke. 

faktanya sekolah yang (katanya) bertaraf internasional itu menyuruh murid-muridnya membayar mahal untuk membayar infrastruktur yang (lagi-lagi katanya) menunjang pembelajaran yang berkelas internasional.

sebagai anak sekolah yang udah pernah mengenyam pendidikan 12 taun kayaknya pengalaman 12 tahun tuh bukan pengalaman sebentar deh. gue sih setuju aja dengan adanya sekolah RSBI bahkan gue pengen banget sekolah di sekolah yang real RSBI atau SBI sekalian. hehe...

oke, gue mikirin sekolah RSBI atau SBI idealnya yang ada di otak gue ya. sekolah RSBI itu harus kayak gimana aja sih supaya mahalnya itu sebanding dengan ilmunya? 

1. Sekolah RSBI harus masuk pagi semua
2. Harus ada loker pribadi
3. Bahasa pengantar di kelas maupun diluar kelas (misalnya kesenian dan olahraga) HARUS PAKE bahasa Inggris.
4. Buku-bukunya harus berstandar internasional
5. Ekskul harus berstandar internasional juga
6. Infrastruktur kayak lab dan lapangan harus standar internasional
(lab IPA, komputer, bahasa)
7. harus ada auditorium 
8. kantin harus terjaga
9. HARUS ADA PERTUKARAN PELAJAR DARI LUAR NEGERI 

nah.. mungkin sih idealnya segitu dulu. kalau infrastruktur kayak lab masih seadanya atau lainnya masih sambil jalan tapi bahasa pengantar dan kualitas pengajar harusnya dibenahi lebih dahulu. jangan ngedepanin infrastruktur tapi bahasa tetep gitu-gitu aja. buku pelajaran juga, jangan pake yang bilingual coba, pake yang langsung bahasa inggris.

selain itu, seleksi murid juga harus bener-bener minimal TOEFL 500 selain dia juga harus mampu bayar tapi ga boleh menutup kesempatan anak yang ga mampu tapi pinter itu untuk sekolah juga. 

Ada pertukaran pelajar, nah! ini harus banget sebagai bukti kalau kita udah menjalin hubungan sama sekolah-sekolah di luar negeri. selain ituuuuuuuuu ekskul-ekskulnya juga harus berstandar internasional dong~ hehehe..

jadi, buat gue sih RSBI / SBI OK aja asal dalemnya sekolah juga OK. guru-gurunya speak english well dan ga ada tuh guru-guru yang ilmunya nanggung. hahaha.. jadi kalo mau bikin RSBI harus memperhatikan kualitas bukan cuma kuantitas aja. hehehe... 
jadi yang masuk sana bisa puas dan ga rugi bayar mahal. soalnya kayak yang kalian tau kan yaa.. pendidikan mahal jadi harga uang dan pelayanan harus berbanding lurus juga. pelayanan sih Ok dari segi infrastruktur tapi dari kualitas masih jauh? capek deh.

RSBI boleh dibuka buat sekolah-sekolah yang bener-bener udah siap, jangan sekolah nanggung. hehe.. jujur aja, sekolah gue termasuk sekolah nanggung soal RSBI ini makanya gue ga setuju ada RSBI di sekolah gue soalnya belum siap gitu guru-gurunya. guru-gurnya paling engga harus 1/2nya udah jago banget bahasa inggrisnya, bukan cuma yes/no doang. wks. ntar lebih pinter muridnya lagi, kan kesian.

insyaAllah deh kalau guru-guru dan kurikulumnya udah internasional pasti infrastruktur bakal ngikutin juga yang penting kan kepuasan pelanggan toh? pasti kalo melahirkan anak-anak yang OK sekolah bakal dipercaya dan sekolah bakal jadi bagus. hehehe...

oke, segitu aja menurut gue soal RSBI ini.

No comments:

Post a Comment