Sunday, November 11, 2012

Sudah Biasa

Baru aja baca tumblr ketua BEM UI periode ini, jadi agak merasa bersemangat. soal statuta UI atau apalah itu mungkin memang gw ga ngikutin dari awal dan jujur aja baru banget tau sekarang. hehe.. walaupun gw follow akun BEM di twitter tapi jarang gw baca. #lah

di akun tumblr ketua BEM ini, dia ngomong soal "biaya kuliah yang murah". iya sih, siapa yang ga pengen biaya murah?? gw juga pengen kuliah murah dan segala fasilitas terpenuhi.

gini ya, setelah membandingkan dengan teman-teman yang kuliah diluar UI ternyata biaya SP di UI ini mahal banget, ama anak UNPAD aja kita jauh lebih mahal. hmmm.. dan kita menganggap uang kuliah mahal itu adalah hal yang biasa. padahal di UGM atau UPI uang kuliah mahal adalah sesuatu yang luar biasa, tapi di UI? puluhan juta persemester pun bukan masalah. 

hmm.. agak bertanya-tanya juga, kalo di luar negeri khususnya amerika serikat kan bayaran kuliah disana memang mahal jadi kalo kita mau kuliah harus nyimpen duit dulu. emm.. apa UI juga mau buat kayak gitu? mau mahalin pendidikan? tapi apa jaminan dari mahalnya pendidikan? layanan yang sesuai?? atau apa?? 

apa mahalnya pendidikan sekarang udah dianggap lumrah ya?? sebenernya saya juga menganggap biasa aja karena bayaran saya masih tergolong ga mahal-mahal amat dibandingkan dengan yang paralel. kalau saya boleh tanya, memang harusnya biaya pendidikan yang sesuai itu berapa?? bukannya sekarang jaman ketika "kualitas berbanding lurus dengan harga"?

itu aja sih. kalo menurut gw, biaya boleh naik asal fasilitas tuh menunjang. misalnya FIB dibuatin ruang belajar, kamar mandi di beresin, kantin yang bersih, dan buku-buku refrensi itu harus banyak. hehehe.. 

seorang mahasiswa FIB

-valda-

No comments:

Post a Comment