Friday, November 16, 2012

Konsep Dewa

dih.. gw pasti dianggap reaktif gara-gara mata kuliah dinamika kesusastraan. haha.. sebenernya pengen ngepost ini dari minggu lalu tapi lupa mulu dan males nulis akhirnya baru kepost sekarang.


dewa. kalo ditanya, dewa itu apa.. menurut kalian dewa itu apa??
menurut KBBI dewa adalah roh yang dianggap atau dipercayai sebagai manusia halus yang berkuasa atas alam dan manusia. 
Dewa disini bisa disamakan dengan God.
menurut Oxford Dictionary, God is the maker and the ruler of the universe. 
ga beda jauh. awalnya gw pikir juga dewa itu kayak Tuhan, tapi konsepsi ini lama-lama geser, gw malah mikir dewa itu bukan tuhan tetapi sesuatu derajat tapi di bawah tuhan. konsepsi ini bergeser ketika gw liat dewa di mitologi Yunani, mereka itu kayak manusia punya napsu dan segala hal yang menyerupai manusia, padahal menurut gw, kalo emang Tuhan seharusnya Tuhan ga kayak gitu, Tuhan harus maha sempurna, dan 1 lagi Tuhan tuh ga  pernah melakukan hal yang tidak pantas. hmmm.. sedangkan kamu tau sendiri kan kalau di mitologi Yunani dewa tuh ada yang ga bener, misalnya Aprodhite yang selingkuh ama dewa kematian. hmmm... apa dewa yang disamakan dengan Tuhan itu kayak gitu?? buat gw sih engga. 

gw ambil contoh yang lainnya, misalnya di cerita Mahabarata diamana dewi Kunthi mendapatkan anak dari Bathara Surya, nah lo! kok bisa dewa yang notabene tuhan bikin anak sama manusia? menurut gw juga, Tuhan itu beda dengan makhluknya, kalo bisa bergaul dan seenaknya gitu apa bedanya dengan manusia??

itu yang gw bingungin. dewa itu apa? dewa itu siapa? kalo dewa itu sesuatu, sesuatu itu apa? oke, gw pengen penjelasan logis.
merujuk dari beberapa mitologi, kenapa sih harus ada konsep dewa?? segitiga semiotiknya gimana??
apakah dewa itu Tuhan? apakah dewa itu manusia? dewa itu apa? kok dia bisa berbuat seenaknya dia? apakah dewa itu sebenarnya sebuah konsep dimana ia hanya sebuah simbol dari sesuatu?

kalo menurut gw, dewa bisa jadi sebuah simbol. merujuk dari tindakan dia yang mirip ama manusia.
bisa aja dewa itu adalah seorang manusia yang punya jabatan dan hampir sempurna kehidupannya tapi tetap aja dia manusia. nah dengan kelebihan yang dia punya dia bisa ngelakuin apa aja. 
jadi, cerita dewi kunthi dapet anak sebenernya bisa dijelasin secara ilmiah juga sih. jadi.. misalnya bathara surya tuh manusia yang berkuasa tapi dia pengen punya anak, dia bikin bayi tabung deh di rahim kunthi, ga butuh "begituan" kan? hehehe.. kunthi tetep perawan kan?? (saya ga lagi bercanda, cuma mencoba menguraikan apa yang saya pikir dengan latar belakang pengetahuan saya dan zaman saya)

susah sih kalo dijelasin secara ilmiah dewa itu apa. oke, bisa aja sih dewa itu dijelaskan sebagai mahkluk yang hidup di khayangan dan bisa mengatur kehidupan manusia serta dia bisa berkehendak dengan apa yang dia mau dengan cara yang tidak bisa dijelaskan dengan logika tetapi keberadaannya dapat dirasakan pada setiap orang yang mempercayainya. 
tapi makhluknya itu apa?? adoohhh~ gw harus nanya konsep dewa nih!! gw butuh segitiga semiotiknya!!

menurut gw, konsep Tuhan lebih mudah dijelaskan ketimbang konsep dewa. haft!
tapi... gw sebagai akademisi harus bisa ngejelasin ini. huwooo...
oh iya, untuk membaca karya sastra emang sih kita harus mengubah mindset kita, kita harus back to the era when the masterpiece was born. 

konsep dewa aja gw masih ngawang coba, gimana gw bisa ngejelasin "kenapa dewa itu lekat dengan kehidupan orang jawa?" nah lo.. jatohnya sama kayak konsep percaya kanjeng ratu kidul. peulissss... gw butuh orang buat ngediskusiin ini. haafftt...
kenapa orang jawa itu penuh dengan mistik?? oke, bsok cri bkunya di perpus. oke, gw makin bingung. jadi... dewa adalah suatu makhluk yang bukan manusia tapi juga bukan tuhan bisa juga hanya sebagai simbol dari sesuatu yang berkuasa, dia bisa melakukan hal apapun tapi dia juga bisa melakukan kesalahan, dia akan terasa kalau kamu mempercayainya.

oke, segini aja. jadi mumet.


-XOXO Valda-

No comments:

Post a Comment