Thursday, May 10, 2012

Fangirl dan Segala Kegiatannya

"agillaaa... oppa! saranghaeeee!!"
"udah liat MV yang baru?"
"bias gw ganteng banget! dia kemaren ada di variety show looh!"


Teriakan seperti itu mungkin akhir-akhir ini sering kita dengar. itulah komen para fangirl jika melihat idola mereka atau betapa hebohnya mereka saat menonton/mendengar/ tau mengenai idola mereka. bukan hal yang aneh jika seorang fangirl akan berteriak-teriak labil meneriakkan nama idolanya.

Fangirl, sebuah sebutan untuk fans perempuan. sekarang sebutan fangirl terdapat penyempitan makna, jika awalnya fangirl digunakan untuk menyebut semua fan perempuan yang mengidolakan umm.. misalnya boyband kali ini fangirl digunakan untuk menyebut fans perempuan yang suka dengan artis-artis korea. maka dari itu saya akan memaparkan sedikit tentang kehidupan fangirl. 

1. Bias

ini adalah hal terpenting dalam kehidupan fangirl. tanpa adanya bias seorang fans bukanlah seorang fangirl. syarat utaman menjadi fangirl adalah punya BIAS!! 

2. Fandom

setelah punya bias biasanya fangirl akan bergabung dengan fandom / komunitas pecinta grup/ idola yang sama. misalnya, saya suka sama Eunhyuk SJ. maka saya secara otomatis akan mendeklarasikan diri saya sebagai ELF (nama fans SJ).

biasanya sih fangirl punya lebih dari 1 fandom tapi pasti dia punya bias utama dan fandom utama. misalnya lagi, saya suka Eunhyuk SJ dan Yunho TVXQ. saya akan menentukan bias utama saya, misalnya saya memilih Eunhyuk. maka Yunho hanya bias sampingan dan Cassie (sebutan fan TVXQ) juga sebagai fandom sampingan.
kadang ada juga fangirl yang fandomnya lebih dari 2. hehehe.. yah semua tergantung fangirl.

3. Fangirl-ing 

Fangirl-ing adalah kegiatan wajib setiap fangirl. fangirling berarti mencari tahu berita terbaru tentang si idola atau mencari tahu fakta-fakta tentang kehidupan bias atau mungkin mencari tahu berita grup bias. misalnya mengupdate berita tentang variety show bias yang baru, MV terbaru, kapan comeback, acara TV bias sampai KDrama terbaru bias. pokoknya All About Bias. 

kegiatan fangirling bisa dilakukan dengan surfing mencari berita di blog-blog lokal maupun internasional yang membicarakan tentang Kpop maupun mencari berita dari akun-akun twitter maupun facebook yang selalu mengudpate berita tentang Kpop atau bisa juga membaca Timeline twitter bias.

4. Kpop Stuff

sebagai fan pastinya ingin punya benda-benda yang berbau idola. dari mulai CD, photobook, light stick, handuk, tas, dan banyak benda lagi. walaupun tau harga stuffs itu ga murah tapi fangirl tetap berusaha punya benda-benda itu. selain itu, sebagai fangirl kadang sampai rela ikutan les bahasa korea supaya makin menjiwai. lalu ikut komunitas pecinta korea atau ikut komunitas fandom.

5. Korean Events


Kayaknya sebagai fangirl ga boleh ketinggalan korean events. pokoknya segala macem acara yang berbau korea diikutin. alasannya sederhana karena fangirl pengen tau acaranya ataupun pengen punya kenalan sesama fangirl. buat fangirl nyenengin tau punya temen-temen yang punya ketertarikan yang sama. 

6. Konser


waaaaahhhhh~ kayaknya ini sih yang paling ditunggu sama semua fangirl! liat konser bias secara langsung!! kayaknya kalau bisa nonton bisa jadi kepuasan tersendiri. iyalaaaahhh~ udah capek-capek ngefans kalau ga liat langsung kan kayaknya kurang gimanaaaaa gitu. haha..
jadi, biasanya goal terakhir jadi seorang fangirl itu adalah nonton konser.


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


selain hal-hal yang diatas biasanya sih ada kegiatan rutin fangirl kayak nonton DVD Kdrama bareng temen, share MV terbaru sama temen, diskusi variety show terbaru bias, tukeran poster dan masih banyak lagi kegiatan fangirl. menurut gw, seorang fangirl itu lebih terbuka dengan fangirl lainnya. 
sekedar shareing aja, gw adalah fangirl yang cukup aktif dan penasaran dengan kehidupan bias gw. gw cari semua yang berkatian dengan bias dari A-Z tapi gw juga termasuk fangirl girl yang modal #bangga. oke, untuk tipe fangirl bakal gw jelasin di postan berikutnya. hehe.. hal yang paling gw sukain adalah sharing berita tentang bias dan hal-hal yang berkatian dengan bias dan grupnya.


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


kali ini gw bakal ngebahas tentang seorang fangirl boong banget kalau ga tau...

SEORANG FANGIRL BOONG BANGET KALAU GA TAU 

1. FF (Fan Fiction) 

FF adalah cerita buatan fan mengenai kehidupan si bias. biasanya sih isinya kisah cinta gitu. isinya khayalan, mirip cerpen laaaahhh... di FF ini biasanya dipakai beberapa sudut pandang atau PoV. biasanya si bias bisa dipairing sama OC (own character) atau yeoja idol atau mungkin pairing sama yang digosipin ama dia entah yeoja atau namja

2. FF Yaoi, Yaori, dan Yadong 

gw bilang munafik pake banget kalau bilang ga tau FF kayak gini. Yaoi artinya cowok sama cowok, bisa cuma kisah cinta biasa, tapi kadang ada juga yang sampe berhubungan intim (you know what i mean) terus, boong banget kalau ga tau lemonade atau limun pas baca yaoi. hahaha..
Yaori itu cerita cewek sama cewek (yeoja x yeoja) sama aja kayak yaoi.
kalau yadong... yadong itu cerita porno yang normal (namja x yeoja) biasanya kalau di FF ada rating yadongnya, ada yang NC 17 dan NC 21. tapi gw yakin 1000000% kalau fangirl pasti tau yang kayak gini. hahaha

3. Dance Cover 

Fangirl yang punya passion di dunia joget menjoget pasti gatel banget pengen nari ngikutin bias. haha.. nah dance cover itu kita nari ngikutin tarian yang ada di MV bias, persis banget sampe ke baju-baju. sebenernya ga harus grup bias aja yang didance cover, semuanya tergantung grup yang mendance cover mau pilih apa.

4. RP (Role Player)

beeuuuhhh... buat yang demen cari temen dan sediki berhayal RP bisa jadi pilihan. RP atau Role Player itu kita seolah-olah jadi idola. bisa main di FB maupun Twitter. haha.. tapi sekarang lagi marak di twitter. biasanya ada menejemennya gitu.

5. Admin akun KPop 

biasanya kalau udah ga tahan sama kemampuan Kpopnya pasti seorangfangirl akan menjadi admin Kpop dan biasanya juga di akun twitter baru bakal banyak yang butuhin admin Kpop baru, kayak ada perekrutannya gitu deh. 

6. Fanboy 

Fanboy adalah sebutan fan laki-laki.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

nah! itulah secara garis besar apa yang dilakukan dan yang diketahui sama fangirl. selain itu banyak istilah-istilah yang yang dibuat fangirl juga loohhhh~ (itu nanti aja dipublishnya, banyak banget pasti).
kenapa gw tau? karena gw juga (tadinya) seorang fangirl. haha.. gw bakal terus jadi fangirl kok atau mungkin bakal terus jadi author FF tapi mungkin frekuensi gw ga bakal seheboh dulu dan yang pasti gw bakal tetep jadi ELF. FOREVER ELF!!

forever fangirl, forever ELF.

1 comment:

  1. ijin buat nge-share di blog aku yaa chingu, tapi aku tetep menyertakan credit-nya kok :)

    ReplyDelete