Saturday, April 7, 2012

Alasan Mengapa Wanita Masih Betah Single

"kok gw ga kepikiran untuk punya hubungan ya (dalam waktu dekat)?" pernah ga kata-kata itu terlintas di otak lo? kalo pernah, gimana rasanya? aneh? jadi galau? atau gimana?? mungkin pikiran ini terlintas ketika kita liat seseorang yang sedang mesra-mesranya sama pasangannya dan kita cuma bisa senyum, we happy for them but punya pacar? weeiittss.. nanti dulu deh, punya pacar ada di list kesekian.


Ga aneh kok kalau kita punya pikiran kayak gitu karena itu normal, just let it flow. ada beberapa alasan kenapa wanita masih betah single.

1. Sibuk Sama Pekerjaannya
Agak klise memang tapi untuk seorang wanita yang workaholic and career oriented hal ini adalah hal yang biasa karena memang punya pasangan bukan tujuan utamanya. seorang yang workaholic pasti mencurahkan tenaga, pikiran, dan segalanya untuk menyelesaikan pekerjaannya. malah kadang seorang yang workaholic mengorbankan waktu bersama keluarganya demi menyelesaikan tugasnya, maka dari itu kalo sama keluarga aja ga kepikiran apa lagi nyari pacar?!

seorang yang career oriented juga bisa ga kepikiran untuk punya hubungan karena dia terlalu fokus mencapai target hidupnya, seakan semua target hidupnya ga pernah habis, setelah 1 tercapai dia pasti ketagihan untuk mencapai yang lain sehingga hidupnya benar-benar fokus pada apa yang akan menjadikan dirinya lebih baik dan terus berada di puncak. soal pacar? oh jangan ditanya, kalau memang pacar bukan termasuk lingkaran prioritas utamanya pasti pikiran punya pacar bakal dikick jauh-jauh karena mungkin punya pacar ga bakal membantunya mencapai karir.

2. Sibuk Sama Dunianya
ketika kita sudah nyaman dengan apa yang kita punya dan kita merasa berkecukupan kadang rasa ingin memiliki pasangan pun akan berkurang. misalnya kita sudah bekerja, punya gaji yang sanggup mencukupi kehidupan, sudah membahagiakan keluarga, punya banyak teman, ikut kegiatan klub yang kamu suka, dan hal lainnya yang bisa bikin nyaman pasti mempengaruhi pola pikir, bisa aja kamu jadi mikir "idup tanpa cowok aja udah enak gini, kalo ada cowok jadi tambah enak atau malah nyusahin ya?". akhirnya memilih untuk tetap single dengan dalih i can do on my own.

3. Belum Menemukan yang Cocok
ini sih alasan untuk yang perfectionist atau yang memang tidak ingin main-main dalam hubungan (lah emang kalo punya hubungan ga untuk main-main kan?) atau memang standarnya terlalu tinggi.
ga salah dengan alasan ini karena pemilihan laki-laki pun harus sesuai selera, ga cuma ngikutin tren aja. 
menurut saya, ini alasan yang masuk akal. apalagi untuk orang yang sudah dewasa karena memang kalau ingin punya rumah tangga harus mencari pasangan yang cocok. kalau engga, masa tiap hari harus cekcok masalah kecil? karena yang saya tau membina rumah tangga bukan suatu hal yang ringan apa lagi gampang. banyak yang harus dipertanggung jawabkan, mulai dari rumah sampai anak-anak.

4. Tidak Mau Ribet 
jaman sekarang semuanya dituntut untuk cepat tetapi akurat. makanya wanita jaman sekarang juga tidak mau repot atau ribet sendiri sama pasangannya. ketimbang ribet harus 'lapor' sama pacarnya setiap mau pergi atau setiap ada apa lebih baik single karena tidak ada yang begitu peduli. selain itu ga perlu mikirin harus dandan cantik untuk siapa, bisa bebas dandan dan bergaya asal nyaman. bisa juga karena faktor tidak mau terikat dengan siapapun karena berpikir jika kita terikat akan lebih banyak masalah ketimbang ketika kita menjadi single.

5. Trauma dengan Hubungan
trauma dengan hubungan sebelumnya bisa menjadi salah satu faktor wanita tetap single. ada rasa tidak percaya lagi dengan laki-laki sehingga ia akan memilih sendiri (status) dan banyak bergaul dengan kawan wanitanya karena dari sana ia mendapatkan support. walaupun seorang trauma bukan berarti menjadi fobia pada laki-laki tetapi ia menjadi tidak percaya dengan laki-laki jika akan memulai hubungan.
trauma bisa mulai dari si wanita menjadi korban perselingkuhan sampai menjadi korban kekerasan dalam hubungan.

6. Takdir Single
hahaha.. ini cuma bercanda, ini sih sebenarnya bukan betah tapi memang pengen pacaran sayangnya belum ada yang tertarik atau belum dipertemukan dengan yang cocok. keep trying gurls!

oke, itu tadi beberapa alasan kenapa wanita masih betah single. ini semua bukan penghiburan diri, karena memang ketika seorang wanita single memang fokus dengan hidupnya pasti pikiran memiliki pasangan sama sekali tidak terlintas walaupun ia ikut bahagia melihat temannya menikah, memiliki pacar, sampai punya anak. tapi ia merasa belum siap/belum kepikiran/belum mau punya pasangan.

sebagai wanita normal memang pasti ada kegamangan ketika merasa belum punya pasangan padahal umur semakin tua, jangan berkecil hati. jika memang merasa belum siap atau belum kepikiran ya lebih baik tidak di paksakan karena suatu hubungan kan bukan suatu fantasi, we live in real world jadi nikmati saja dulu masa single ini.

Positivenya Menjadi Single

1. ga ada yang komen soal pakaian, dandanan, dan hal-hal remeh yang biasanya bikin ga PD kalo udah dikomentarin. temen komen yang aneh-aneh? so what?! ga suka? yaudah.
2. bebas hang out dan main sama cowok manapun yang kita suka tanpa harus mikirin ada yang sakit hati atau engga
3. pekerjaan menjadi fokus (tergantung juga sih tapi rata-rata sih gitu) karena ga ada yang nyantol dipikirin dan minta dipikirin
4. punya temen banyak dan ga terkungkung, yang saya liat sih kalo udah punya pacar pasti maunya duaan dan kurang berbaur dengan yang lain
5. ga terlalu moody karena ga ada yang bikin bad mood kecuali hal-hal eksternal
6. bisa ngecengin cowok-cowok kece dan artis-artis ganteng, bahkan ngelabilin mereka
7. jadi lebih mandiri

Negativenya Menjadi Single

1. suka jadi bahan ledekan teman karena ga laku-laku padahal memang ga mau punya hubungan dulu
2. kalau butuh temen curhat dan temen lagi ga ada curhatnya cuma sama laptop
3. suka luntang luntung ga jelas
4. jadi sering berfantasi
5. suka setres sendiri kenapa ga punya pacar.

nah itu dia beberapa poin negtif dan positif dari single, sebenernya semua balik ke diri kamu sendiri. mau single atau engga semuanya terserah karena yang ngerti kamu kan diri kamu sendiri, kalau memang sudah mantap ingin punya hubungan serius ya dicari tapi kalau masih ingin single ya nikmatin aja. tergantung enaknya gimana. hehe.. yang penting semuanya dijalani dengan tenang dan rasional, jangan juga kamu single dan galau mulu, itu sih single yang pathetic. hihi... so, angkat kepalamu, 
BEING SINGLE IS NOT A SIN!!


Kamar Dani, 7/4-2012


-Valda-

1 comment:

  1. nah kalo gw apa tuh ? gw udah nyari, tapi orangnya gamau. haha #miris

    ReplyDelete