Sunday, July 24, 2011

KOMITMEN


"Ko-mit-men" kata yang cukup simple untuk diucapkan tapi gak simple untuk dilakukan.
banyak orang yang janji tapi akhirnya cuma sekedar janji aja, gak bisa ditepati. ketika orang itu gak nepatin janji banyak banget alasannya dan menurut gw segala macem alasan bisa dibuat cuma untuk ngelanggar janji dia. hmmm-
dalam setiap janji itu pasti ada rasa tanggung jawab dan komitmen. selain itu janji juga berkaitan dengan kepercayaan orang lain, jadi kalau kita gak nepatin otomatis kita bakal berkurang kepercayaannya. nah, dari situlah kita kalau mau janji harus mikir yang mateng dulu supaya tiba-tiba gak ngelanggar dengan berbagai macam alasan. hehe..

naaahh.. komitmen yang mau gw bahas disini gak bakal beda jauh sama janji tapi mungkin lebih ke tanggung jawabnya. komitmen yang gw bahas dan tentunya umum di pandangan kita sebagai remaja itu ya komitmen tentang hubungan dengan pasangan.
ini menurut pendapat gw aja looh yaa.. hehe..

kadang gw suka nanya ke diri gw sendiri, "kenapa sih ada yang namanya one night stand?" atau "kenapa si A ama si B ga nikah-nikah ya?" ato "kenapa mereka gak pacaran aja sih?"
jawabannya sih simple "komitmen". apakah mereka semua cukup berani ngambil tanggung jawab berkomitmen??
dari pikiran gw dan renungan gw soal komitmen ternyata jujur aja emang berat (untuk sekarang ini).
banyak hal yang harus lo pikirin sebelum lo bener-bener mau berkomitmen, misalnya aja lo mau nikah. bener juga ya orang-orang yang mikir harus siap fisik dan mental.
tapi yang lebih penting mental sih, soalnya ketika nikah itu bakal 180 derajat beda dengan pas kita pacaran.
kalau nikah kita harus berkomitmen untuk menafkahi keluarga contohnya kayak nyari tempat tinggal, nyekolahin anak, uang untuk makan setiap hari, cari uang untuk kebutuhan rumah tangga dan kesehatan. ckck-
udah gitu, karena pernikahan bukan sesuatu yang main-main lo ga bisa lagi deh flirting sama orang lain.
kekaguman lo sama lawan jenis harus ditekan setipis mungkin supaya pasangan lo gak sakit hati atau ngambek.
dan, ketika lo mau berhubungan dekat sama lawan jenis lo harus bener-bener ekstra hati-hati.
ketika lo berkomitmen untuk nikah, lo harus ngelupain masa lalu lo apapun bentuknya, karena you live in present and future.
kenangan mantan pacar emang ga bisa begitu aja dilupain tapi ga bisa dimunculin juga, ya usahakan kalau perasaan itu dibuat senetral mungkin dan menjauhi pemicunya. hehehe...
tapi jangan dipendem juga nanti kalo tiba-tiba meledak gimana?? hehe..

emang sih pernikahan bukan kurungan tapi banyak hal yang harus lo pikirin masak-masak sebelum akhirnya lo nikah karena pernikahan juga bukan mainan. lo gak bisa nyoba yang ini terus nyoba yang itu.

uumm.. soal nikah muda, gw sih rada kurang setuju aja yaa.. apalagi kalau umurnya masih belasan tahun dan masih sekolah.
gw pikir anak-anak muda harus punya pendidikan bagus dan yang pasti anak muda itu kan masih labil dan jiwa kreatifnya masih kuat kalo tiba-tiba harus mikirin tentang anak, rumah, dan sebagainya kayaknya kasian padahal kan dia masih ada kesempatan untuk ngembangin minat dan bakatnya.
selain itu, sayang banget kan kalau ntar dianya labil ama anaknya, atau lebih kacau lagi kalau dia itu kena puber kedua. ckckck-
apa lagi yang masih seneng main. ckck- bukan berarti gak boleh ya itu sih boleh-boleh aja tapi kan act like your ages and your status. gak mungkin kan lo terus-terusan main pas udah nikah dn punya anak?! hehe..

jadi, kalau mau nikah muda bener-bener harus dipikirin masak-masak, jangan cuma emosi sesaat doang, kasian tau kamunya kalo nanti nyesel. ckck-
kalua mau nikah muda, coba tanyain ke diri kamu sendiri.
1. apa kamu siap diatur sama calon suami kamu?
2. apa kamu siap ngerawat dan ngedidik anak-anak kamu?
3. apa kamu siap cari uang untuk keluarga? skill apa sih yang kamu punya?
4. apa kamu siap beresin rumah, masak, nyuci dll kalau gak ada pembantu?
5. apa kamu siap nerima keadaan terburuk istri/suami kamu?
6. apa kamu siap ngejalanin semuanya??
bukan bermaksud matre sih tapi ini emang kita butuhkan untuk modal pernikahan
7. apa dia cukup bermodal untuk pernikahan kalian?
uumm.. gak ada salahnya kita mikir uang kan? love needs money, i don't wanna eat your love.
gw ingetin lagi, ketika lo nikah lo itu ga bisa minta uang ama ortu lagi. ada baiknya loohh.. kalau kalian berdua itu kerja selain biar pemasukan jadi banyak, udah gitu si cewek ga setres karena cuma harus mikirin rumah tangga, dan si cowok gak setres juga karena banyak yang dia tanggung. hehehe..

uumm.. topik ini nih yang bikin gw kadang suka mikirin hubungan gw yang masih terlihat samar-samar. jujur aja, dari kecil nikah bukan termasuk daftar teratas idup gw. buat gw, nikah itu boleh iya boleh engga. tergantung pilihan.
gw belum nemuin seseorang yang bikin hati gw "oke, gw mau nikah ama lo!"
it was but i was along time aago, and since that i never thought out about it.

hubungan yang gw jalanin sekarang ya enjoy aja, kalau nanti pun bisa ampe nikah ya udah tapi sejauh ini belum dipastikan apa-apa karena gw juga gak mau cepet-cepet ngambil langkah bilang "iya" dan berfantasi tentang pernikahan, tentang anak, tentang rumah. -______-
gw lebih sering berfantasi tentang pekerjaan impian gw, tempat-tempat favorit gw, buku-buku bacaan gw dan segala hal yang gw suka.

yaaahh... itu aja sih yang mau gw share tentang tema komitmen.
yang jelas dan yang udah pasti sih nikah itu bakal beda sama pacaran, kalo kamu pacaran kan masih terlibat fantasi-fantasi hubungan, ketika kamu nikah camkan di otak kamu "you live in real world!" hehe...


pikirin apa yang kamu mau ambil,



-XO valda XO-

1 comment:

  1. that's cool val. gue setuju banget. seumuran kita yah standarnya mikirin masa depan dulu. gue jujur aja mau pacaran aja mikirnya lamaaaa banget. nanti kalo pacaran kuliah gue gimana ? nanti kalo pacaran gak punya duit gimana ? hha emang sih kayak anak kecil banget pemikiran gue, tapi entah kenapa dari kecil gue udah di jejalin sama nyokap kayak gitu. Kita jalanin aja dulu apa yang terbaik buat kita sekarang dan masa depan yah :D
    cool banget postingnya val, bikin gue gak nyesel jadi single :D hihi

    ReplyDelete