Saturday, April 13, 2013

Aller Anfang ist schwer

"Aller Anfang ist schwer" 

every beginning is hard

itulah yang dikatakan oleh pepatah dari Jerman.
benar adanya bahwa memulai sesuatu itu memang sulit, sulit sekali bahkan ketika sudah ada niat untuk memulai pun masih sulit dan bingung harus memulai darimana. 
ketika sudah memulaipun masih sulit untuk melakukan hal selanjutnya, dan lebih parahnya kadang kita sulit untuk menyelesaikan. sudah jauh sampai tengah dan tiba-tiba menyerah. 

siapa bilang yang dinilai hanya prosesnya? siapa bilang yang dinilai hasil akhirnya saja? butuh penilaian dari mulai awal, tengah dan akhir. mereka adalah suatu kesatuan, seperti nonton film,  kadang kita ga tau endingnya apa kalau belum menonton sampai selesai.

memulai memang susah, tapi ketika memulai dengan hati senang dan memang berniat pasti lebih mudah. jika ditengah jalan ada rintangan hanya ada 1 jalan, fokus. sebenarnya ada jalan lain, berhenti dan cari jalan memutar. jalan memutar bukan berarti jalan yang salah, memang banyak alasan kenapa kita berhenti tapi berharaplah di jalan yang memutar itu adalah jalan yang utama dan berdoalah Tuhan selalu bersama kita.

jalan memutar juga bisa jadi awal, berharaplah di awal agar semuanya lebih baik.
jangan ragu untuk berhenti ketika kita menjalani sesuatu tidak sesuai keinginan dan memang keadaan memaksa untuk berhenti. tapi sebaik-baiknya perjalanan adalah yang menyelesaikannya sampai tamat.

memulai memang sulit tapi menyelesaikan apa yang dimulai jauh lebih sulit.
ayo bersemangat!!


No comments:

Post a Comment