Thursday, August 9, 2012

Dilema

Duh, macam lagu girl band indo ini judulnya. hehehe.. eh udah lama ya gw ga ngepost sesuatu yang 'agak' serius. 

pagi ini gw baca buku Rindu Pancasila dari kompas Gramedia. gw ngerasa agak tertampar pas baca buku ini walaupun baru sampe bab 2.


di Bab 2 tertulis kalau salah satu bentuk keadilan sosial adalah biaya pendidikan harus merakyat. oke gw setuju selain biaya pendidikan murah juga harus fair dalam penyeleksiannya.

1 hal yang ngebuat gw rada mikir adalah kalau semua orang sarjana dan semua berpendidikan, siapa yang mw ngurus sawah?? siapa yang mau ngurus pasar?? kan semuanya pinter dan kebanyakan orang yang udah pinter ga mau kerja kasaran maunya kerja yang enak, lagian emang sarjana mau gitu nyangkul? sarjana pertanian aja deh tanya, apa mereka mau nyangkul??
ini agak paradoks. iya ga sih??


"jadi kalau semua orang indonesia pinter siapa yang ngurus sawah??" 

bukannya nyuruh supaya ada yang ga sekolah, gw bener-bener cuma nanya. kan katanya kita ga mau bergantung ke ekspor beras dari Thailand terus. kita harus independen di bagian pangan tapi . . . yah tolong jawab pertanyaan saya. m('-')m

1 comment:

  1. ngurususin sawahnya udah gak tradisional lagi, digabung pake teknologi #okesip (._.)

    ReplyDelete