Tuesday, August 23, 2011

Hidup Mahasiswa!!



Hidup Mahasiswa, kata-kata itu terus gw inget selama gw belom lepas jaket kuning dan tetep jadi mahasiswa. hukumnya adalah wajib ketika seorang bilang -lazimnya sih tereak- "Hidup Mahasiswa", kita harus menjawabnya dengan "Hidup Mahasiswa" juga.
gw ngerasa ketika ada orang yang bilang gitu apalagi pas lagi demo itu mengindikasikan bahwa kami mahasiswa se-Indonesia -ato mungkin sedunia dengan bahasa yang berbeda tapi dalam makna yang sama aja tentunya- adalah kekuatan yang cukup kuat untuk menggulingkan suatu rezim (sudah banyak bukti kan?). jadi Hidup Mahasiswa itu adalah sapaan semangat para mahasiswa untuk berjuang sekuat tenaga membela apa dan siapa saja yang benar. Benar atau salah itu bukan relatif, benar dan salah itu menggunakan fungsi otak, hati nurani, dan fitrah manusia. jadi.. bisa didefinisikan sendiri kaan? pasti ngerti kan? hehe..

gw selalu bersemangat menjawab salam itu karena gw pun ngerasa harus berjuang dan memperjuangkan sesuatu yang benar. tapi ironisnya, sekarang sapaan itu jadi hambar ketika menggunakan nada entertaimen. bukan nada penuh semangat!
jadi, gw pikir ketimbang menyapa kami para mahasiswa yang memang pengen dapet suntikan semangat dengan kata-kata "Hidup Mahasiswa", lebih baik sapa kami dengan "apa kabar?"
soalnya beda. dalam bahasa ada unsur suprasegmental dan segmental. nada adalah suprasegmental, dari nada kami bisa tau mana sapaan semangat dan mana yang tidak semangat!
punya motif apa sih mereka menyapa kami? apa yang mau mereka semangati??
kalau cuma untuk nyapa ya lebih baik tanya aja "apa kabar" dari pada sok-sok ngerti bilang "Hidup Mahasiswa" segala. ck-

BTW, soal aksi demo juga. kami pejuang muda emang masih labil tempramennya walaupun ada juga yang sudah sangat jago ngendaliin diri tapi ketika aksi tensi pasti naik. hhmm..
masalahnya bukan disana, setiap demo itu memang harus dipilah-pilah karena -takutnya- mahasiswa itu ditunggangi oleh oknum lain, jadi lanjutan salam "Hidup Mahasiswa" yang "Hidup Rakyat Indonesia" itu ga bakal kepake.

gw merasa bersyukur sekali bisa jadi salah satu bagian keluarga universitas negeri -yang bahasa gaulnya "siapa sih yang ga kenal universitas ini?"- terkenal. gw ngerasa beruntung banget nantinya gw bisa berkontribusi buat almamater gw, karena itu memang yang gw tunggu dan gw emang mau ngelakuin itu.
apa gw terlalu berlebihan dalam mencintai kampus gw?
i guess no! soalnya menurut gw emang harus begitu kan? harus ada rasa cinta ke kampus dan almamater. tetapi jika kita udah diluar dan aksi, kami semua sama. :D

jadi, teriakan dengan lantang HIDUP MAHASISWA di dada masing-masing agar terus berpikir soal perubahan ke arah yang lebih benar dan terus menginspirasi kita untuk terus berjuang!

HIDUP MAHASISWA, HIDUP RAKYAT INDONESIA!!


-XO Valda XO-

No comments:

Post a Comment